3 Keunggulan yang Bisa Digenjot Supaya Merpati Cepat Sembuh

Jakarta -PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) masih 'sakit' gara-gara kondisi keuangan yang negatif. Sebenarnya ada 3 keunggulan maskapai pelat merah itu yang bisa digenjot supaya sehat kembali.

Menurut Pengamat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus mantan Sekretaris Kementerian BUMN, M Said Didu, Merpati sebaiknya jangan diberi ide-ide baru tapi fokus ke tiga keunggulan tersebut.


"Pertama, keunggulan Merpati adalah punya SDM (Sumber Daya Manusia) sangat kuat yang mampu operasikan pesawat-pesawat kecil," ujarnya kepada detikFinance, Jumat (28/2/2014).


Kedua, kata Said, Merpati sangat menguasai rute-rute ke daerah terpencil. Sedangkan yang ketiga adalah, kemampuan pemeliharaan Merpati sangat bagus.


"Ini keunggulannya. Kalau sampai konsep ini diubah lagi, saya tidak tahu Merpati akan jadi apa," katanya.


Sejak Pemerintah berusaha menyehatkan kembali Merpati, BUMN penerbangan itu sudah banyak sekali mendapatkan rencana baru, mulai dari membeli pesawat baru untuk genjot operasional, sampai yang terbaru menjual anak usaha, kerjasama dengan asing, dan membuka penerbangan umrah.


"Merpati ini seperti orang sakit, jangan dulu diberi pekerjaan macam-macam. Sembuhkan saja dulu. Kalau sudah sehat baru beri ide-ide baru," katanya.Next


(ang/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!