Dirut Merpati: Andika Monoarfa Sedang Merintis Sekolah Penerbangan

Jakarta -Andika Monoarfa baru saja diangkat menjadi Direktur Niaga PT Merpati Nusantara Airlines (MNA). Andika yang kabarnya berprofesi sebagai manajer artis itu sedang merintis sekolah penerbangan di Sumenep, Madura.

"Andika sedang merintis sekolah penerbangan yang mencetak pilot-pilot muda berbakat, yang berlokasi di Sumenep," ujar Direktur Utama Merpati Capt. Asep Ekanugraha dalam keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Sabtu (1/3/2014).


Berdasarkan penelusuran detikFinance, ada sekolah pilot yang berada di Sumenep, tepatnya terletak di Bandara Trunojoyo dan sudah berjalan kurang lebih dua tahun.


Sekolah tersebut dibuka oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan sekitar 2012. Sekolah penerbangan itu merupakan kelas tambahan (ekstension) dari Sekolah Indonesia Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang.


Di situs resmi Pemerintah Kabupaten Sumenep, STPI Cabang Sumenep mulai menerima taruna dan taruni sebanyak 30-40 orang pada saat pembukaan. Infrastruktur sekolah itu sudah siap, seperti gedung sekolah, pesawat latih, bandara dan lainnya.


Dalam situs itu juga disebutkan bandara tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Merpati. Perjanjian kerjasama pemanfaatan Bandara Trunojoyo sebagai lokasi latihan terbang itu ditandatangani oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep, Achmad Aminullah dan Direktur Pusdiklat Merpati, Riswanto CP kala itu


Menurut Asep, Andika bukan orang baru di dunia aviasi. Sosok Andika yang masih muda juga diperlukan oleh Merpati untuk menangani sisi komersial yang selama ini kurang menonjol.Next


(dru/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!