Bank Mandiri Bagi-bagi Dividen Rp 5,461 Triliun

Jakarta -Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyetujui pembagian dividen sebesar 30% dari laba bersih 2013 atau Rp 5,461 triliun. Pembagian dividen ini setara dengan Rp 234 per saham.

Pemegang saham Bank Mandiri juga menyetujui penggunaan 57,1% dari laba bersih, atau Rp 10,39 triliun sebagai laba ditahan untuk memperkuat struktur permodalan dalam rencana ekspansi bisnis perseroan.


Direktur Finance & Strategy Bank Mandiri Pahala N. Mansury mengatakan, pemberian dividen tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada para pemegang saham yang telah mendukung kinerja Bank Mandiri selama tahun 2013.


"Dividen dibayar 15 April 2014. Kebijakan dividen ini sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan total return yang optimal kepada para pemegang saham. Kami juga melakukan penguatan modal, agar memiliki ruang untuk terus tumbuh secara solid dan mampu merealisasikan rencana bisnis yang telah disusun," kata Pahala usai RUPST di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (27/2/2014).


Kinerja Bank Mandiri sepanjang 2013 telah menunjukkan peningkatan yang signifikan di semua aspek keuangan. Dari sisi profitabilitas, laba bersih pada 2013 tercatat tumbuh 17,4% menjadi Rp 18,2 triliun. Selain pertumbuhan kredit, laju kenaikan laba bersih juga ditopang oleh pertumbuhan fee based income yang mencapai Rp14,5 triliun pada tahun 2013.


Pada 2013, Bank Mandiri juga semakin memperkuat posisinya sebagai Bank BUMN terbesar dengan total dana murah yang terbesar di Industri Perbankan Nasional.


(drk/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!