Tolak Pembelian Alutsista Rp 27 T, Chatib Basri: Uangnya Tidak Ada

Jakarta -Permintaan pembelian Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) terpaksa ditolak oleh Menteri Keuangan Chatib Basri. Pemerintah tak punya anggaran sebesar Rp 27 triliun seperti yang diminta.

Chatib mengakui, dana APBN memang cukup besar dengan mencapai sekitar Rp 1.800 triliun. Namun masih banyak program lain yang harus dilakukan.


"Fiscal space tidak cukup untuk APBN. Masih banyak hal yang mesti dilakukan, bagaimanapun fiscal space (ruang fiskal) nggak ada," ujar Chatib di kantornya, Jakarta, Kamis (27/2/2014).


Pembelian alutsista memang menjadi prioritas dalam program pertahanan dan keamanan negara. Namun, menurut Chatib anggaran untuk pembelian tersebut memang tidak ada.


"Betul, tapi kalau fiscal space nggak ada, mau apa? Uangnya nggak ada Rp 27 triliun," sebutnya.


Chatib menuturkan, alasan tersebut sudah disampaikan kepada Kemenhan dan Komisi I DPR dalam rapat kerja yang berlangsung beberapa waktu lalu. Chatib bahkan menyarankan anggaran tersebut tidak harus langsung sebesar Rp 27 triliun.


"Nggak tahu Rp 27 triliun, tapi kan seharusnya nggak perlu harus disepakati Rp 27 triliun. Fiscal space nggak ada. Untuk tahun depan nanti tanya Menkeu baru," imbuhnya.


(mkl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!