Terminal Perluasan Pelabuhan Tanjung Perak Beroperasi Mei 2014

Surabaya -Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono meninjau kesiapan Terminal Teluk Lamong milik PT Pelindo III (Persero). Terminal tersebut tahap awal akan beroperasi Mei 2014 sebagai bagian dari perluasan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.

Bambang bersama rombongan dari Dirjen Perhubungan Laut dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III meninjau Terminal Teluk Lamong melalui kapal Artama III dari Pelabuhan Tanjung Perak, Jumat (28/2/2014).


Ketika sampai di dermaga Terminal Teluk Lamong, Wamenhub bersama rombongan meninjau pembangunan Lapangan penumpukan jalan penghubung, Jembatan penghubung hingga gedung perkantoran di area Terminal Teluk Lamong.


Disela-sela kunjungannya, Wamenhub berharap agar ada percepatan pembangunan di Pelabuhan Tanjung Perak.


"Tanjung Perak secara keseluruhan adalah pelabuhan yang sangat strategis di Indonesia. Apalagi dikaitkan dengan jalur atau koridor logistik Jakarta-Surabaya, nantinya akan bersambung dengan kereta api, bahkan (tol) Trans Jawa," kata Bambang.


Pembangunan Terminal Teluk Lamong akan menjadi salah satu outlet gateway dari Indonesia. "Karena itu, kita perlu segera mempercepat upaya-upaya untuk meningkatkan kapasitas diperbesar, salah satunya adalah pembangunan ini (Terminal Teluk Lamong)," tuturnya.


Ia menambahkan, selain pembangunan Terminal Teluk Lamong, pihaknya juga akan melakukan pekerjaan pengerukan di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) hingga 14 meter, sehingga nantinya bisa meningkatkan ukuran kapal hingga 5.000 TEUs.Next


(roi/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!