20 SPBG Disiapkan untuk 1.500 TransJakarta di 2014

Jakarta -Pada akhir tahun 2014, diperkirakan akan ada sekitar 1.500 TransJakarta yang akan beroperasi di Jabodetabek. Pemerintah pusat memastikan akan menambah jumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan pemerintah pusat akan mendorong penggunaan gas untuk transportasi umum oleh pemerintah daerah. Jumlah SPBG di Jakarta akan ditambah dari 8 SPBG menjadi 20 SPBG.


"Sejalan dengan meningkatnya busway nanti di 15 koridor maka PGN dan Pertamina akan membangun infrastruktur SPBG maupun lainnya. Ini di harapkan tidak ada masalah semua bisa dipenuhi sesuai dengan kebutuhan DKI untuk mengoperasikan busway tersebut," ungkap Hatta usai rapat koordinasi di kantornya, Jakarta, Jumat (28/2/2014)


Ia menuturkan akan ada 69 SPBG yang siap untuk beroperasi di kota-kota di Indonesia dari saat ini hanya 20-an SPBG. Saat ini untuk kawasan Jakarta hanya 8 SPBG yang beroperasi.


"Akhir tahun akan ada 69 SPBG yang beroperasi dari yang sekarang ini sekitar 20-an. Khusus untuk DKI yang ada 8 akan meningkat menjadi 20-an. Itu baru yang dibangun oleh PGN dan Pertamina," jelasnya.


Hatta mengatakan, dalam pembangunan SPBG diharapkan ada dorongan dari kalangan swasta. Untuk itu, Kementerian ESDM akan dibicarakan lebih lanjut dengan Hiswana Migas.


"Tentu yang paling baik adalah melibatkan swasta dalam pembangunan SPBG tersebut. Ini diputuskan ESDM dan jajarannya akan bersama mengundang Hiswana migas itu bagaimana mempercepat upaya untuk BBG tadi," kata Hatta.


(mkl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!