Andika Monoarfa Tak Tercatat Sebagai Direktur Merpati di Kementerian BUMN

Jakarta -Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) Capt Asep Ekanugraha telah menunjuk Andika Manoarfa sebagai Direktur Niaga Merpati pada awal Februari 2014. Ternyata nama Andika belum tercatat sebagai petinggi Merpati di Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

"Seingatku sih nggak ada," kata Sekretaris Kementerian BUMN Imam A. Putro kepada detikFinance, Sabtu (1/3/2014).


Seperti diketahui, nama Andika mulai mencuat ketika Serikat Pegawai Merpati terlibat keributan saat demo menuntut kejelasan gaji karyawan.


Serikat Pegawai mempertanyakan keberadaan Andika di Merpati. Para pegawai pun menyita kartu pegawai Andika.


Asep mengatakan, pengangkatan Andika yang selama ini berprofesi sebagai manajer artis itu tidak perlu izin dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan.


"Saya menunjuk dia dengan jabatan setara dengan associate director, bukan BoD (Board of Director), dan dia bekerja tanpa dibayar," kata Asep.


Menurut Asep, Andika bukan orang baru di dunia aviasi. Sosok Andika yang masih muda juga diperlukan oleh Merpati untuk menangani sisi komersial yang selama ini kurang menonjol.


"Andhika bukan orang baru di dunia aviasi. Andika dianggap sebagai figur muda yang tepat untuk menangani kinerja komersial Merpati di kondisi krisis karena jejak rekamnya yang telah terbukti di industri aviasi," ujar Asep.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!