Hasil Lelang Koin Emas Rp 100 Miliar Temuan Suami Istri Ini akan Disumbangkan

Los Angeles -Harta karun yang ditemukan pasangan suami istri di California akan dilelang di internet. Dana hasil penjualan koin-koin emas yang nilainya diprediksi US$ 10 juta (Rp 100 miliar) itu akan disumbangkan.

Ahli Uang Kuno dari Kagin's, Inc. Don Kagin yang mewakili pasangan penemu harta karun itu mengatakan, pasangan suami istri yang tidak mau disebutkan namanya tersebut sangat bersyukur karena dapat rejeki nomplok.


Keduanya akhirnya bisa mempertahankan rumah dan tanah mereka yang sebelumnya akan disita. Maka dari itu mereka berniat melelang 90% hasil penemuannya di situs e-commerce Amazon.com.


"Pada dasarnya mereka bersyukur dan akhirnya bisa mempertahankan rumah yang mereka pikir akan disita, dan mereka juga berniat untuk menyumbangkan hasil penjualan emas itu kepada masyarakat yang tidak mampu," ujar Kagin seperti dikutip dari CNN, Kamis (27/2/2014).


Pasangan suami istri di California ini menemukan harta karun berupa koin-koin emas bernilai tinggi di halaman rumahnya saat mengajak jalan-jalan anjing mereka. Sebanyak 90% dari koin-koin emas yang ditemukan pasangan ini akan dilelang


Koin-koin yang mereka temukan berdenominasi US$ 5, US$ 10, dan US$ 20 yang dibuat sekitar di San Francisco pada 1847 sampai 1894. Kondisinya masih cukup baik, bahkan 14 di antaranya masih dalam kondisi sempurna.


Bahkan ditemukan juga koin emas jenis 1866-S No Motto Double Eagle yang satu kepingnya bernilai US$ 1 juta.


Sebelum dijual, koin-koin emas ini akan dipamerkan terlebih dahulu di acara National Money Show 2014 yang digelar American Numismatic Association atau Asosiasi Uang Kuno AS di Atlanta Kamis ini waktu setempat.


"Tidak seperti harta karun lainnya, yang satu ini terdapat banyak jenis koin dari tahun berbeda, bahkan masih ada koin-koin dalam kondisi sangat bagus," ujarnya.


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!