5 Proyek Infrastruktur Listrik Batam Diresmikan

Jakarta -Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo melakukan soft launching pembangunan 5 proyek infrastruktur ketenagalistrikan di Batam.

Proyek yang berlokasi di Tanjung Uncang ini antara lain adalah pembangunan pipa gas ruas 2 pemping-Tanjung Uncang milik konsorsium PT PLN Batam dan UBE, PLTG Tanjung Uncang milik Independent Power Producer (IPP), PLTGU Tanjung Uncang milik PT PLN Batam, Gardu Induk (GI) Tanjung Uncang, dan Transmisi 150kV Sagulung-Tanjung Uncang.


Soft launching 5 proyek infrastruktur ketenagalistrikan di Batam ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Susilo, dilanjutkan dengan penanaman pohon, seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (1/3/2014).


Pembangunan 5 proyek ketenagalistrikan ini merupakan rencana strategis perusahaan untuk menambah komposisi Pembangkit milik sendiri dalam rangka menyediakan kepastian ketersediaan dan keberlangsungan pasokan listrik di Batam.


Proyek Pembangunan Pipa Gas Ruas-2 bawah laut diameter 16 inch dengan panjang 13,5 km dari Pulau Pemping ke Tanjung Uncang - Batam, merupakan infrastruktur yang sangat strategis, mengingat pipa tersebut merupakan pipa yang akan memasok gas domestik dari sumur gas di Natuna ke Batam, yang dijadwalkan akan mulai beroperasi pada akhir tahun 2014.


Proyek PLTGU Tanjung Uncang milik PT PLN Batam dengan kapasitas 2x42,5 MW rencananya akan beroperasi Desember 2014 ditambah 42,5 MW Combined Cycle ini menggunakan bahan bakar gas alam sebesar ± 18 bbtud setara dengan 550 kilo liter/hari yang dipasok melalui pipa tersebut di atas.


Sedangkan Proyek Pembangkit ketiga yaitu PLTG Tanjung Uncang milik IPP berkapasitas 2x35 MW direncanakan beroperasi pada tahun yang sama. Proyek keempat adalah Gardu Induk 150/20 KV dan proyek kelima adalah jalur transmisi 150 kV dari Tanjung Uncang ke Sagulung sepanjang 6 km dengan pemasangan tower steel monopole sebanyak 35 tower.


(ang/feb)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!