Merpati Pilih Manajer Artis Jadi Direktur Hanya untuk Sensasi Saja

Jakarta -Penunjukkan Andika Monoarfa sebagai Direktur Niaga PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) dinilai hanya untuk mencari sensasi. Langkah ini dilakukan hanya untuk menutupi kisruh yang terjadi di internal Merpati. Pasalnya nama Andika lebih dikenal sebagai manajer artis.

"Seorang manajemen artis ditaruh di sana mau cari sensasi saja untuk mengalihkan perhatian," kata Pengamat Penerbangan Alvin Lie kepada detikFinance, Sabtu (1/3/2014).


Menurut Alvin, penunjukkan Andika sebagai tidak Direktur Niaga tidak akan berpengaruh signifikan untuk membawa kinerja maskapai pelat merah ke arah yang lebih baik.


"Nggak ada pengaruh di sana, kita cari manajer hebat di dunia, kalau pemilik sikapnya belum jelas, nggak kasih komitmen funding bagaimana?" jelasnya.


Solusi yang harus dan mungkin dilakukan saat ini adalah membantu keuangan Merpati agar memiliki modal kerja. Tanpa modal kerja, Merpati tidak bisa beroperasi menjalankan bisnis.


"Pramugari, pilot, teknisi mau kerja lagi tapi nggak dibayar. Utang ke Pertamina harus dibayar, mau terbang gimana? Pesawat ada, tapi sudah 1 bulan nggak dioperasikan untuk hidupkan pesawat kembali harus ada prosesnya. Dia harus diperiksa kembali dan dipansin, itu perlu duit dan duitnya dari mana?" sebutnya.


Alfin juga menilai Menteri BUMN Dahlan Iskan selaku pemegang saham tidak memberikan arahan dan dukungan yang jelas terhadap program penyelematan Merpati. Akibatnya Merpati susah untuk memulai penerbangan kembali pasca dihentikan sejak 1 Februari 2014.Next


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!