Kuburan Mewah Paling Murah Rp 25 Juta, Kalau di TPU Berapa?

Jakarta -Pemakaman di San Diego Hills dan Al-Azhar Memorial Garden, menawarkan lahan makam dengan harga selangit. Di Al-Azhar Memorial Garden, ada 3 tipe makam yang dijual. Termurah Rp 25 juta, termahal mencapai Rp 230 juta.

Lain halnya dengan tempat pemakaman umum (TPU) milik pemerintah daerah. Contohnya di TPU Karet Bivak, Jalan KH Mas Mansyur Jakarta. Di sini, biaya pemakaman jauh lebih murah dari dua pemakaman mewah tadi.


Di TPU Karet Bivak, makam dibagi menjadi 4 petak: AA1, AA2, A1, dan A2. Petak-petak tersebut ditentukan berdasarkan lokasi: yang terdepan (AA1) lebih mahal iurannya.


"Di sini kita cuma cukup bayar iuran Rp 100.000 paling mahal dan Rp 40.000 termurah itu untuk 3 tahun," kata Kepala TPU Karet Bivak, Sugiarto saat ditemui detikFinance, Kamis (27/2/2014).


Iuran tersebut dibayarkan oleh ahli waris setelah jenazah dikuburkan untuk perawatan dan pemeliharaan makam agar terus terjaga. Sedangkan biaya penguburannya pun tidak begitu besar. Itu semua tergantung dari ahli waris yang ingin menggunakan fasilitas yang ditawarkan.


Sugiarto mengatakan, ahli waris boleh membayar petugas penggali makam dengan dana seikhlasnya.


"Kita tidak menyediakan, tapi kita menawarkan ada sound system, tenda dan kursi. Peti mati misalkan. Tenda dan kursi itu hanya sekitar Rp 450.000," tutupnya.


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!