Kepala Suku di Papua Berharap Merpati Terbang Lagi

Jakarta -Maskapai pelat merah PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) ternyata sangat dibutuhkan oleh rakyat Papua. Bahkan banyak kepala suku di Papua yang berharap Merpati terbang lagi.

"Kepala suku di Papua minta supaya penerbangan Merpati kembali pulih. Selama ini sejak 1960-an, hanya Merpati yang bisa terbang hingga pelosok-pelosok Papua. Orang Papua itu tahunya Merpati. Bahkan Garuda saja disebutnya Merpati ekor biru," ujar Chief Operation Control Merpati di Papua Ogi ditemui di kantor pusat Merpati, Gedung Basarnas, Jakarta, Jumat (28/2/2014).


Bahkan Ogi mengatakan, selama ini banyak pesawat yang terbang di Papua ditembaki oleh penembak misterius, namun Merpati tidak pernah.


Sementara kerabat Ogi yang lain mengatakan, Merpati sangat dekat dengan rakyat Papua. Bahkan penumpang di Papua sampai bisa membawa binatang dalam penerbangannya.


"Merpati itu terbang di daerah yang kondisinya sulit, seperti landasan yang masih menggunakan tanah," ucapnya.


Sejak awal Februari 2014, Merpati menghentikan seluruh penerbangannya karena kondisinya makin sulit, dan utangnya mencapai Rp 7,1 triliun. Gaji pegawai pun belum dibayar sejak Desember 2013 lalu.


(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!