Jembatan Terpanjang se-Asia Tenggara Punya Malaysia Diresmikan

George Town -Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak meresmikan jembatan terpanjang se-Asia Tenggara, Jembatan Penang kedua (second Penang bridge). 1.000 kendaraan pertama mulai menjajal jembatan ini tengah malam tadi.

Pejabat pemerintahan, termasuk mantan Perdana Menteri Malaysia Tun Abdullah Ahmad Badawi mencoba jembatan ini menggunakan bus tingkat terbuka dari interchange Batu Maung ke interchange Batu Kawan.


Dikutip dari Asiaone, Minggu (2/3/2014), masyarakat mulai bisa menjajal jembatan senilai RM 4,5 miliar atau sekitar US$ 1,7 miliar pada tengah malam tadi. Perdana Menteri Datuk Seri Najib tun Razak pada pukul 08.30 tadi malam (1/3/2014).


1.000 kendaraan pertama yang melewati jembatan ini dari interchange Batu Kawan menerima sertifikat dari pemegang izin jembatan Jambatan Kedua Sdn Bhd (JKSB).


Proyek ini sudah 5 tahun lebih dikerjakan, Jembatan Kedua Penang memiliki panjang 23,5 Km. Saat ini Malaysia juga sudah punya Jembatan Penang Pertama sepanjang 13,5 Km sejak 1985 lalu.


Proyek Jembatan Kedua Penang mulai dikerjakan Agustus 2008 lalu. Jembatan ini menghubungkan wilayah Batu Kawan di Semenanjung Malaysia dengan wilayah Batu Maung di Pulau Penang.


Secara konstruksi total panjang Jembatan Penang Kedua mencapai 23,5 Km setelah dihitung dengan jalan tol penghubung antara wilayah Batu Kawan dan Batu Maung sepanjang 7,1 Km. Namun bentang jembatan yang berada di atas perairan laut hanya sepanjang 16,9 Km.


Indonesia sebelumnya juga telah meresmikan tol atas laut Bali (Bali Mandara) sepanjang 12,7 Km pada 23 September 2013 lalu.


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!