Tawarkan Kilang ke Investor Asing, Pemerintah Tak Keluar Sepeser Pun

Jakarta -Pemerintah Indonesia menawarkan proyek kilang minyak berkapasitas 1x300.000 barel per hari kepada investor asing. Tidak ada uang sedikit pun yang dikeluarkan pemerintah dalam pembangunan kilang tersebut.

"Kita inikan tawarkan ke investor siapa yang mau bangun kilang minyak di Indonesia kapasitas 1x300.000 barel, ya kalau ada yang mau bangun 1x600.000 barel lebih bagus lagi," ujar Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (28/2/2014).


Susilo mengatakan, pemerintah punya tekad yang kuat agar pembangunan kilang minyak segera dilakukan. Makanya cukup banyak investor yang berminat.


"Kita punya tekad kuat membangun kilang, makanya banyak investor yang tertarik membangun kilang di Indonesia, ada dari Jepang, ada dari Inggris, daftarnya di Pak Fredy (Divisi Keuangan Kementerian ESDM)," katanya.


Ia menambahkan, karena kilang minyak ditawarkan kepada investor yang berminat, maka pemerintah tidak mengeluarkan dana sedikit pun.


"Ya nggaklah, nggak ngeluarin dana, kan kita tawarkan ke investor, nanti investornya datang ke kita mereka butuh insentif apa, kita bisa beri apa saja, selain itu kita juga berikan kajian-kajian dan marketing consultation serta tanah yang bisa di sewa, tanah ini penting karena sekarangu ntuk bebasin tanah susah sekali," ujarnya.


"Saat ini kita sedang bikin tata cara bagaimana investor nanti mengajukan proposal ke pemerintah Indonesia, terkait minat mereka membangun kilang di sini," tutupnya.Next


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!