Ini Alasan Bos Merpati Tunjuk Andika Monoarfa Jadi Direktur Niaga

Jakarta -Nama Andika Monoarfa selaku Direktur Niaga PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) menjadi pembicaraan di kalangan pegawai Merpati karena dianggap sebagai sosok yang tiba-tiba muncul di jajaran manajemen Merpati.

Direktur Utama Merpati Asep Ekanugraha mengatakan punya alasan soal keputusannya memilih sosok Andika sebagai salah satu petinggi di Merpati.


"Karena dianggap kompeten," kata Asep Ekanugraha kepada media di kantornya, Jumat (28/2/2014)


Namun Asep tak menjelaskan apa yang menjadi dasar dirinya menyebut Andika sebagai sosok yang kompeten di jajaran papan atas Merpati. Padahal di kalangan internal Merpati yang sudah bekerja lebih lama tak memiliki jenjang yang tak jelas. Menurutnya latar belakang tak sepenuhnya bisa menjadi patokan kompetensi seseorang.


"Direktur AirAsia pertama itu adalah dari musisi," kilah Asep.


Berdasarkan obrolan para pegawai Merpati di kantor pusat Merpati Kemayoran, Andika Monoarfa dikabarkan merupakan putra dari Mantan Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa. Andika kabarnya hanya punya pengalaman di bisnis manajemen artis.


Nama Suharso Monoarfa dalam dunia industri penerbangan mencuat ketika insiden kecelakaan pesawat Sukhoi 2 tahun lalu. Suharso lolos dari maut saat batal naik pesawat Sukhoi. Ia sempat mengungkapkan membeli dalam jumlah banyak pesawat Sukhoi buatan Rusia untuk merambah bisnis penerbangan.


Seperti diketahui, sejumlah pegawai Merpati kaget anak muda bernama Andika Monoarfa bisa menjabat sebagai Direktur Niaga maskapai BUMN tersebut. Hal ini terungkap ketika ratusan pegawai yang tergabung dalam serikat pekerja Merpati mendatangi kantor pusat maskapai itu.


"Kok tiba-tiba dia (Andika) sudah menjadi direktur saja? Saya bingung sama Capt. Asep (Direktur Utama Merpati)," ujar Dicky seorang pilot senior Merpati di kantor pusat Merpati, Kompleks Gedung Basarnas, Jakarta Pusat, Jumat (28/2/2014).


(hen/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!