Ribuan Karyawan Coca-Cola Berdemo Tolak PHK

Madrid -Ribuan pekerja Coca-Cola di Spanyol melakukan aksi protes atas penutupan pabrik dan rencana pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 750 orang. Para pekerja ini berasal dari dari pabrik-pabrik pembotolan Spanyol.

Mereka memakai topi merah dan rompi berlogo produsen minuman asal Amerika Serikat (AS) tersebut. Para pekerja ini berdemo di Madrid dan sebelah timur kota Alicante, tempat pabrik-pabrik yang terancam ditutup.


Rencana Coca-Cola untuk menutup empat pabrik pembotolan di Spanyol itu diperkirakan akan menyebabkan 750 pekerja dirumahkan dan 500 lainnya direlokasi ke pabrik lain.


Perusahaan sudah mengumumkan rencana itu bulan lalu, bahwa penutupan pabrik memang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi. Para pekerja tidak setuju adanya PHK ini karena perusahaan masih menghasilkan laba.


Para pekerja di pabrik Madrid yang berada di pinggiran selatan Fuenlabrada, salah satu kabupaten termiskin di ibu kota Spanyol, telah melakukan aksi protes dan mogok kerja sejak Jumat pekan lalu.


Sekitar 2.000 pengunjuk rasa berjalan kaki dari Fuenlabrada ke pusat kota Madrid demi aksi protes tersebut Mereka melambaikan poster bertuliskan: "Boikot, mereka menutup lapangan kerja" dan "Katakan Tidak untuk PHK".


"Pabrik ini menghasilkan laba, tetapi mereka melemparkan kita ke jalan," kata Francisco, pekerja ​​yang bertanggung jawab mengisi botol di pabrik Fuenlabrada yang telah bekerja selama 17 tahun.


"Ini pabrik yang modern, tapi mereka menutupnya supaya mereka dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan, " tambahnya seperti dikutip dari AFP, Senin (3/2/2014).


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!