Reksa Dana, Investasi yang Menguntungkan


http://us.images.detik.com/content/2014/04/30/479/ihsgdalamangga.jpg

Jakarta - Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Bagi investor kecil, reksa dana merupakan alternatif investasi yang dapat dipertimbangkan. Dengan nilai investasi minimal Rp 100-200 ribu Anda sudah dapat berinvestasi. Reksa dana juga diharapkan dapat meningkatkan peran pemodal lokal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia.


Berinvestasi di reksa dana berarti Anda akan membeli unit. Misalnya saja, Investor membeli sebuah jenis reksa dana, harga 1 unit saat ini misalnya 1.000, maka ketika Anda membeli sebesar satu juta rupiah, Anda akan mendapat seribu unit.


Harga unit yang dipublikasikan adalah harga unit yang sudah net, atau sudah dikurangi seluruh biaya biaya seperti biaya manajemen fee, biaya pajak dan biaya lainnya. Harga unit ini bergerak naik dan turun. Sehingga untuk menghitung berapa uang Anda saat itu, hanya tinggal mengalikan banyaknya unit yang Anda miliki dengan harga unit saat itu. Harga unit biasa disebut Nilai Aktiva Bersih atau NAB.


Sebagai investor, tidak perlu khawatir uang Anda dibawa kabur oleh perusahan aset manajemen, sebab pemerintah sudah mengatur bahwa aset perusahaan dengan aset investor harus dipisahkan. Aset investor harus disimpan pada Bank penitipan atau Bank custody. Ini untuk meminimalkan risiko hilangnya uang investor.


Mari kita kupas lebih dalam soal reksa dana, seperti dikutip dari MyWealth milik Citigroup, Rabu (30/4/2014).