SBY Sebut Indonesia Masuk Peringkat ke-10 Ekonomi Terbesar di Dunia

Jakarta -Presiden SBY menyampaikan kabar positif yang baru diterimanya dari Menteri Keuangan Chatib Basri. Kini, Indonesia berada di peringkat ke-10 ekonomi dunia dari Gross Domestic Product (GDP) atau Produk Domestik Bruto (PDB).

"Alhamdulillah, Indonesia ditetapkan sebagai ekonomi nomor 10 dunia," kata SBY dalam acara peluncuran Rajawali Televisi (rtv) yang digelar di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Sabtu (3/5/2014) malam.


Menurut laporan Bank Dunia, Indonesia berada peringkat ekonomi ke-10 di dunia, setelah AS, Tiongkok, India, Jepang, Jerman, Rusia, Brasil, Prancis, dan Inggris.


"Tentu ini awal yang baik, tapi masih panjang perjalanan kita, masih banyak masalah yang harus diatasi," imbuhnya.


Padahal 2 tahun lalu, Indonesia masih diperingkat ekonomi ke-16 terbesar dunia. Pada 2012, Presiden SBY sempat mengatakan Indonesia memiliki kekuatan ekonomi ke-16 besar dunia. Hal ini menempatkan Indonesia menjadi negara G-20 yang ekonominya terbesar di dunia.


"Saat ini negara kita tampil sebagai sebuah negara emerging economy, dan menjadi kekuatan ekonomi ke-16 dunia. Kita menjadi negara berpendapatan menengah, dengan tingkat kemiskinan dan pengangguran yang secara bertahap berhasil diturunkan. Kita harus yakin dan percaya, pada saatnya nanti, insya Allah kita menjadi negara yang kuat dan maju di Asia dan diperhitungkan dunia," kata Presiden SBY dalam pidato kenegaraanya, di gedung DPR/MPR, Jakarta, Kamis (16/8/2012)


(mpr/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!