Capitalinc Akuisisi Salah Satu Pemilik Blok ONWJ PSC Rp 2,5 Triliun

Jakarta -PT Capitalinc Investment Tbk (MTFN) mengakuisisi 100% saham Owen Holdings Limited senilai US$ 250 juta (Rp 2,5 triliun). Owen merupakan pemegang effective working interest 17,9% Blok Offshore North West Java Production Sharing Contract (Blok ONWJ PSC).

Blok ONWJ PSC merupakan salah satu blok penghasil minyak dan gas yang terbesar di Indonesia. Diperkirakan total cadangan proved plus probable reserves per Mei 2013 yang ada di Blok ini meliputi 1 TCF gas dan 178 juta BBLS minyak.


PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ), sebagai subsidiary dari PT Pertamina (Persero) adalah operator pada Blok ONWJ PSC tersebut.


Pada tahun 2013 Blok ONWJ PSC ini telah menghasilkan produksi sebesar 38,300 barrel minyak per hari dan 224 MMSCFD gas. Penghasilan ini melebihi target yang sebelumnya ditetapkan oleh SKK Migas untuk Blok ONWJ PSC ini, yaitu sebesar 38,000 barrel minyak per hari dan 175 MMSCFD gas.


Perseroan telah melaksanakan Penawaran Umum Terbatas IV kepada para pemegang saham dalam rangka penerbitan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) alias rights issue pada tanggal 15-22 April 2014 kemarin sebesar total Rp 2,7 triliun. Dana hasil penawaran umum ini ditambah dengan dana internal Perseroan digunakan sebagai dana akusisi Owen.


Direktur Capitalinc Hendrayanto M Sakti mengatakan, aksi korporasi ini akan memberikan dampak yang positif kepada kinerja perseroan secara keseluruhan.


"Perseroan akan dapat membukukan pencatatan peningkatan produksi dari hasil migas yang diproduksi, meningkatkan pendapatan perseroan yang berasal dari penjualan migas tersebut, yang akan berdampak positif terhadap kinerja," katanya dalam siaran pers, Rabu (30/2/2014).


Dari produksi keseluruhan Blok tersebut, perseroan mendapatkan jatah rata-rata sekitar 12,000 BOEPD (barrel oil equivalent per day). Dengan tuntasnya transaksi akuisisi ini, makap perseroan sudah bisa membukukan hasil produksi ini ke dalam catatan kinerja.


Blok ini diharapkan akan terus meningkatkan produksinya melalui penambahan aktivitas, eksplorasi lapangan baru, dan pemeliharaan. Rencana peningkatan target untuk produksi tahun ini adalah sebesar 17% dari produksi tahun 2013 kemarin.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!