Buruh Minta TV LED 19 Inci dari Upah Minimum

Jakarta -Permintaan tambahan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) untuk patokan upah minimum (UMP) yang didesak serikat pekerja beragam jenisnya. Dari 84 KHL yang mereka minta, ada komponen pembelian untuk Televisi (TV) ukuran 19 inci.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan peningkatan KHL pembelian TV berada dalam kelompok kebutuhan untuk pendidikan. Tujuan pembelian TV untuk meningkatkan pengetahuan para buruh.


Said mengungkapkan TV bagi buruh sangat penting dalam mendapatkan informasi atau pengetahuan umum. "Bagaimana buruh mau memiliki pengetahuan yang luas, jika tidak memiliki TV," kata Said kepada detikFinance, Jumat (2/5/2014)


Ia memperkiraan untuk harga TV LED 19 inci yang diminta buruh, nilainya sekitar Rp 1,5-1,8 juta/unit TV. Pembelian TV yang diusulkan untuk 1 unit selama 36 bulan atau 3 tahun.


"Pengetahuan para buruh diharapkan meningkat dari segi kualitas dengan adanya TV 19 Inci dimana perhitungannya di dapatkan dari 1x36 bulan dengan kisaran harga Rp 1,8 juta," katanya.


Ia menambahkan upah yang diterima buruh saat ini belum layak, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Sehingga sudah seharusnya ada penambahan KHL dari 60 komponen menjadi 80 komponen.


"Kami menginginkan bahwa harus ada peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas KHL yang diterima buruh. Hal itu salah satunya dapat kita lihat dari Survey Biaya Hidup (SBH) yang dilakukan oleh BPS (badan pusat statistik)," katanya.Next


(hen/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!