Dahlan dan Para Karyawan AP II Gelar Operasi Pungut Sampah di Bandara Soetta

Tangerang -Pihak manajemen PT Angkasa Pura II (AP II) mengerahkan para karyawannya membersihkan kawasan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dari sampah. Berseragam hijau-biru-putih, para karyawan AP II menyisir bagian luar seperti lahan parkir di terminal III Bandara Soetta.

Sekitar 200 pegawai PT AP II, mulai Direktur Utama, Jajaran Direksi, Komisaris, pejabat setingkat Deputi Direksi dan Kepala biro terlibat dalam kegiatan yang rutin digelar setiap hari Jumat pertama setiap bulannya ini. Menteri BUMN Dahlan Iskan juga ikut serta memungut sampah bersama para karyawan AP II.


Acara diawali dengan senam pagi yang digelar di halaman Kantor Pusat AP II di kawasan Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (2/5/2014). Senam pagi di mulai sekitar pukul 06.30 WIB dan berakhir pada pukul 07.00 WIB baru kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bersih-bersih.


Direktur Utama AP II Tri S Sunoko mengatakan kegiatan ini telah dimulai sejak setahun belakangan dan telah menjadi agenda rutin setiap bulannya.


"Acara bersih-bersih ini sudah kita lakukan rutin sejak setahun ini. Ide awalnya itu datang dari direktur SDM (Sumberdaya Manusia). Bandara ini milik bersama bukan hanya tanggung jawab unit kebersihan, atau unit operasi saja tapi untuk semua. Jadi selain membangun kebersamaan, tapi ini juga membentuk budaya meningkatkan bandara," katanya di lokasi acara.


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan yang kebetulan hadir di sela-sela kegiatan tersebut pun mengungkapkan apresiasinya.


"Mungkin teman-teman nggak sehebat cleaning service dalam membersihkan, tapi ini bisa memberikan dorongan buat kita kalau kebersihan itu tanggung jawab kita semua. Ini inisitaf yang super, semoga bisa diteruskan," kata Dahlan.


Selain di kantor pusat AP II, kegiatan serupa juga digelar di seluruh kantor cabang AP II yang total mencapai 13 kantor cabang di seluruh Indonesia.


"Inisiatif ini bagus, kan yang tadinya bagian keuangan, bagian administrasi, bagian apa sebagainya kalau biasa nggak mau (bersih-bersih), kan kalau begini jadinya mereka mau turun buat bersih-bersih. Mereka jadi tau bersih-bersih, karena kan kebersihan itu buat kita semua," tegasnya.


Inisiatif yang dilakukan manajemen AP II berbuah hasil. Setidaknya, menurut paparan lembaga pemeringkat bidang penerbangan internasional, Skytrax, peringkat Bandara Soetta mengalami perbaikan dari semula peringkat ke-113 di 2012, pada tahun 2013 peringkatnya sudah menjadi ke-60.


(hen/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!