Bangun Bandara Kebun Binatang di Jambi, AP II Gandeng Taman Safari

Jakarta -PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan pembangunan kebun binatang di Bandara Sutan Thaha, Jambi tetap dilanjutkan. Untuk mengelola kebun binatang tersebut pihaknya mengangeng Taman Safari.

Direktur Utama Angkasa Pura II Tri S Sunoko mengatakan, gagasan untuk membangun zoo airport (bandara kebun binatang) tersebut tetap dilanjutkan. Ia meyakini keberadaan kebun binatang tersebut tidak akan mengganggu aktifitas penerbangan dan operasional bandara. Karena letaknya yang jauh dari landasan pacu.


"Kebun binatang ini sudah ada sebelumnya bukan kawasan baru, toh selama ini baik-baik saja kita gak terganggu. Kita cuma mengalihkan rute masuknya aja supaya melewati kebun binatang itu, jadi gak perlu khawatir. Operasional penerbangan juga tidak akan terganggu karena jaraknya jauh, sekitar 1 Kilo Meter (Km)," terang dia dalam diskusi santai di terminal III Bandara Soekarni-Hatta, Jumat (2/5/2014).


Pengelolaan kebun binatang ini sendiri dipastikan tidak akan mengganggu jalannya bisnis inti perusahaan yang bergerak di bidang pengaturan lalulintas udara ini. Pasalnya, untuk pengelolaan sendiri, lanjut dia, pihak Taman Safari telah menyatakan minatnya termasuk untuk urusan desain kebun bintang pertama yang ada di kawasan bandara.


"Taman Safari sudah menyatakan minat untuk dilanjutkan pembicaraannya. Untuk desainnya seperti apa, itu juga mereka yang atur. Yang sudah ada pembicaraannya ada interiornya kita ada pakai motion screan (layar bergerak), misalnya kalau kita taruh lantai layarnya diinjak itu nanti gambar ikannya akan lari-lari. Pokoknya bagus," jelas dia santai sembari menyeruput cofee latte di hadapannya.


Keberadaan kawasan berupa kebun binatang tersebut diharapkan bisa menjadi wahana yang menarik bagi penumpang transportasi udara melalui Sutan Thaha, Jambi. Wahana ini sendiri, akan menjadi gerbang yang menjadi ikon bandara yang unik dan menjadi yang pertama di dunia.


"Kita bikin konsep jungle (hutan). Ada macam-macam bintang, terus ada kandang burung besar sekali nantinya akan jadi ikon, nah itu nanti kalau orang mau ke bandara akan melewati kebun bintang itu," papar dia.Next


(rrd/rrd)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!