Jumlah Investor di Pasar Modal RI Baru 350 Ribu Orang

Jakarta -Industri keuangan di pasar modal terus berupaya meningkatkan jumlah investor yang saat ini masih minim hanya sekitar 350 ribu investor.

Sekjen Asosiasi Profesi Pasar Modal Indonesia Haryajid Ramelan bermimpi, di 2015 investor pasar modal bisa mencapai 1 juta orang, lalu terus bertambah hingga mencapai 5 juta orang dalam 5 tahun ke depan.


"Masih 350 ribu makanya kita terus berbenah bagaimana menambah jumlah investor. Jumlah harapan 1-5 juta bisa tercapai, 2015 sebesar 1 juta dan 5 tahun ke depan bisa 5 juta investor," kata Haryajid saat ditemui di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (3/5/2014).


Dia menjelaskan, keberadaan pasar modal di Indonesia cukup berpotensi, hanya saja pemahaman masyarakat soal pasar modal masih minim sehingga perlu edukasi untuk bisa menjaring banyak investor.


Haryajid menyebutkan, dalam sehari saja, perputaran uang di pasar saham mencapai Rp 6-9 triliun, belum lagi ditambah obligasi dan reksa dana. Jika kalkulasikan, kata dia, transaksi harian di pasar modal mencapai Rp 15 triliun. Hal ini merupakan potensi besar untuk bisa menarik banyak investor lokal masuk bursa saham.


"Pasar modal tidak boleh berhenti. Lihat saja transaksi harian saham mencapai Rp 6-9 triliun, belum lagi obligasi, reksa dana bisa lebih dari Rp 15 triliun secara keseluruhan. Ke depan industri ini akan semakin meroket," ujarnya.


Untuk mencapai target tersebut, Haryajid menambahkan, OJK sebagai regulator di pasar modal, perlu ikut mendorong peningkatan jumlah investor melalui kewenangannya.


"Karena pemahaman masih minim jadi perlu diberi peran yang besar. Kami pelaku sekuritas banyak keterbatasan, berapa besar kemampuan online trading. OJK sebagai satu jembatan bisnis, kalau tidak ada jembatan dan berjuang sendiri mencari dan menambah jumlah investor ini akan kewalahan. Kendala kita ya infrastruktur. OJK perlu sosialisasikan ini," tandas dia.


(drk/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!