Ini Dia Penampakan 'Bandara Hijau' di Banyuwangi Tanpa AC

Banyuwangi -Inovasi demi inovasi terus dilakukan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Terbaru, kabupaten berjuluk 'The Sunrise of Java' itu mengembangkan Bandara Blimbingsari dengan konsep hijau (green airport).

Bandara ini didesain tanpa AC, kecuali di ruangan tertentu. Sirkulasi udara diatur dengan kisi-kisi dan lebih banyak ruang terbuka. Aliran air juga ikut membantu menyejukkan udara. Di sekeliling terminal, bahkan di atas terminal, tanaman hijau membentang.


Energi alami dimanfaatkan dengan mengatur pencahayaan matahari sebagai penerang ruangan di siang hari. Dinding bandara akan berbentuk kisi-kisi yang memungkinkan angin lewat serta cahaya matahari masuk. Juga akan ada kolam-kolam ikan yang berfungsi menurunkan tekanan udara dan pohon-pohon yang menambah kesejukan.


"Sebagai salah satu pintu masuk Banyuwangi, Bandara Blimbingsari adalah etalase awal yang mencerminkan identitas daerah. Untuk itu, pengembangan arsitektur bandara ini dirancang khas," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pada detikFinance usai peresmian penerbangan perdana Garuda Indonesia di Bandara Blimbingsari, Kamis (01/05/2014).


Anas mengatakan, konsep green architecture yang dipilih adalah passive design, yang merupakan pilihan pembangunan green building yang digarap sejak awal oleh arsitek, berbeda dengan active design yang banyak mengandalkan teknisi untuk menghemat energi. Hemat energi diwujudkan dengan penataan ruang, bukan dengan alat modern seperti solar cell.


"Passive design menghemat lebih banyak karena direncanakan semuanya sejak awal untuk mengurangi beban energi," tuturnya.


Bandara Banyuwangi juga bakal menggunakan bahan daur ulang dengan memanfaatkan kayu ulin bekas sebagai bahan utama, baik tiang penyangga maupun dinding bangunan bandara. "Kayu ulin ini sangat kuat dan tahan rayap, banyak tersedia dari bekas kapal maupun dermaga," urai Anas.Next


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!