Kemenhub: Proyek Monorel Tetap Jalan

Jakarta -PT Jakarta Monorail memperoleh konsesi untuk membiayai dan mengembangkan monorel rute green line dan blue line di tengah kota DKI Jakarta. Perusahaan tersebut telah melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pada 16 Oktober 2013.

Beberapa bulan pasca groundbreaking, tanda-tanda kelanjutan konstruksi skala besar sama sekali tak tampak alias mandek. Apa respons Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai regulator transportasi Indonesia terhadap kelanjutan proyek monorel?


Direktur Lalu Lintas dan Angkatan Kereta Api Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Hanggoro Budi Wiryawan menjelaskan proyek monorel yang dikerjakan Jakarta Monorail tetap berjalan. Bahkan perusahaan milik Edward Soeryadjaya itu telah bertemu dan berkonsultasi dengan Kemenhub.


“Jadi 2 minggu lalu kita ketemu tim dari Jakarta Monorail. Kita full team. Pertemuan itu dibuka sebentar Pak Wamen, beliau sangat antusias dorong Jakarta Monorail. Apa perizinan di sisi kita untuk diminta dipercepat,” ungkap Hanggoro kepada detikFinance di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (30/4/2014).


Di depan regulator, lanjut Hanggoro, Jakarta Monorail menjelaskan perkembangan proyek hingga kendala yang dihadapi.


Progress untuk Jakarta Monorail saya quote penjelasan mereka. Mereka dalam proses memenuhi beberapa persyaratan terkait Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS),” katanya.


Pada pertemuan tersebut, tambah Hanggoro, Jakarta Monorail menyampaikan tarif tiket monorel berada pada kisaran Rp 9.000. Namun Pemprov DKI Jakarta seperti disampaikan Jakarta Monorail, berkeinginan tarif jangan terlalu tinggi sehingga dapat membebani penumpang.Next


(feb/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!