Hartawan Padang Pasir: 'Pamer' Menara Langit dan Sepakbola

Jakarta -Timur Tengah kini layaknya taman bermain bagi orang-orang kaya. Kawasan yang identik dengan gurun pasir ini terus menarik perhatian dunia, karena aksi pamernya.

Dubai (Uni Emirat Arab) punya pulau buatan nan indah bernama Palm Island dan gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa. Nantinya bakal ada gedung yang melampaui ketinggian Burj Khalifa, yaitu Kingdom Tower di Jeddah (Arab Saudi).


Pamer kekayaan orang Timur Tengah makin terdengar kala beberapa dari mereka membeli klub-klub sepakbola di Eropa. Dengan suntikan dana yang seperti tak terbatas, klub yang mereka beli bisa menggaet pemain-pemain top dengan banderol mahal.


Misalnya Paris Saint Germain, yang sejak 2011 dimiliki Qatar Investment Authority. Klub kemudian menunjuk Nasser Al Khelaifi sebagai CEO. Di bawah pimpinan Al Khelaifi, PSG bisa mendatangkan Zlatan Ibrahimovic, Edinson Cavani, dan lain-lain. Total belanja PSG selama era Al Khelaifi mencapai 350 juta euro.


Namun yang paling santer namanya mungkin Syeikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, pemilik Manchester City. Syeikh Mansour, yang kini menjabat Deputi Perdana Menteri Uni Emirat Arab, mengubah Manchester City dari klub medioker menjadi unggulan juara di setiap musim.


Bagaimana tidak, Syeikh Mansour begitu royal dalam mendandani klubnya. Sejak 2009, sudah lebih dari 500 juta poundsterling dikeluarkannya untuk mendatangkan pemain-pemain bintang.Yaya Toure, David Silva, atau Sergio Aguero hanya beberapa contoh kecil.


Menurut daftar orang-orang terkaya di muka bumi versi Forbes, ada 78 miliuner yang tinggal di kawasan ini. Total kekayaan mereka mencapai US$ 209 miliar atau lebih dari Rp 2.000 triliun. Artinya, 78 orang ini punya harta lebih besar dari APBN Indonesia, yang saat ini nilainya sekitar Rp 1.800 triliun.Next


(hds/DES)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!