Pemerintah Daerah Ramai-ramai Bangun Transportasi Massal

Jakarta -Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebutkan bahwa saat ini banyak kepala daerah mulai dari bupati, wali kota, hingga gubernur yang telah sadar terhadap pentingnya peran transportasi perkotaan, khususnya kereta api. Kesadaran ini lahir karena kemacetan sudah menyebar ke berbagai kota di Tanah Air seperti Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Palembang, Batam, hingga Makassar.

“Sekarang banyak kepala daerah cukup visioner di transportasi. Kalau ekonomi tumbuh 5-6%, transportasi harus tumbuh 10%. Kalau kepala daerah nggak berpikir ke sana berarti pertumbuhan ekonomi di daerah akan stuck. Sekarang kesadaran sangat tinggi,” papar Direktur Lalu Lintas dan Angkatan Kereta Api, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Hanggoro Budi Wiryawan kepada detikFinance di kantornya, Jakarta, Rabu (30/4/2014).


Proyek transportasi perkotaan tersebut telah masuk dalam rencana induk perkeretaapian nasional. Pengembangan moda transportasi kereta api perkotaan yang paling maju adalah di Jakarta yang sedang mengembangkan MRT, monorel, kereta Bandara Soekarno Hatta, hingga peningkatan kapasitas KRL Commuter.


Selanjutnya adalah kota Bandung. Bandung dalam waktu dekat juga bakal mengeksekusi rencana pengembangan proyek transportasi berbasis rel.


“Bandung ada 2 macam, Bandung Kota dan Bandung Raya. Bandung Kota diinisiasi oleh wali kota dan Bandung Raya oleh gubernur. Untuk Bandung Kota sudah mulai lelang, programnya monorel,” ungkapnya.


Selain Bandung dan Jakarta, daerah seperti Palembang juga akan mengembangkan monorel. Ibukota Jawa Timur yakni Surabaya juga tak mau kalah. Hanggoro menyebut Surabaya dalam waktu dekat akan mengembangkan dan mengeksekusi pembangunan monorel dan trem.


Hal yang sama juga bakal disusul oleh kota Batam dan Makassar. Khusus Makassar, akan dikembangkan kereta untuk area kota dan pinggiran kota. Next


(feb/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!