5 Bank Raksasa Tiongkok Diguyur Rp 1.000 Triliun

Beijing -Bank sentral Tiongkok, The People's Bank of China (PBOC), menyuntik dana 500 miliar yuan (hampir Rp 1.000 triliun) ke lima bank raksasa setempat. Suntikan dana diberikan demi mencapai target pertumbuhan ekonomi Tiongkok 7,5% tahun ini.

Lima bank yang dikabarkan dapat suntikan dana itu antara lain, Industrial & Commercial Bank of China, China Construction Bank, Agricultural Bank of China, Bank of China, dan Bank of Communications.


Masing-masing bank akan dapat dana 100 miliar yuan berbentuk pinjaman dengan bunga yang sangat kecil. Ini merupakan pemberian stimulus pertama yang dilakukan oleh pemerintah Tiongkok.


Stimulus ini diberikan secara bertahap dalam tiga bulan ke depan. Pemerintah Tiongkok berharap kepercayaan bisnis dan investasi akan meningkat dengan adanya stimulus ini.


Pasalnya, dalam beberapa bulan terakhir, ekonomi Tiongkok menunjukkan adanya perlambatan di berbagai sektor industri dan investasi langsung.


Seperti dikutip dari BBC, Rabu (17/9/2014), rencana ini pertama kali diberitakan oleh media lokal Tiongkok Sina.com. Beberapa media lain menambahkan dengan konfirmasi dari pejabat pemerintahan Tiongkok dan petinggi di bank yang bersangkutan.


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!