Bagaimana Caranya Siapkan Dana Pernikahan dengan Gaji Rp 3 Juta?

Jakarta -Pertanyaan dari Pembaca: Dear Tim Redaksi, saya Ondo umur 25 tahun, gaji saya saat ini Rp 3 juta bulan. Saya berencana menikah 6-7 tahun lagi, saya ingin mengalokasikan sebagian gaji saya untuk dana investasi pernikahan & pendidikan anak, investasi apa yang cocok untuk saya yah?

Karena pemahaman tentang investasi pun saya masih sedikit, dan berapa rupiah yang harus saya sisihkan untuk investasi tersebut?


Terima kasih banyak


Jawaban:

Saudara Ondo,


Senang mendengar bahwa dengan usia yang sekarang sudah mulai mempersiapkan tujuan keuangan yang cukup panjang dan memang memerlukan biaya yang tidak sedikit, menikah dan pendidikan untuk anak.


Dalam berinvestasi ada beberapa hal yang memang perlu diketahui terlebih dahulu yang sebaiknya kita lakukan sebelum kita memutuskan untuk berinvestasi di salah satu produk investasi yang ada. Di antara yang harus kita lakukan adalah mengetahui profil risiko dari calon investor, termasuk ke dalam tipe apakah seorang calon investor ini, konservatif, moderat atau bahkan agresif.


Setelah kita mengetahui profil risiko kita sendiri, baru setelah itu kita mengukur dan menghitung berapa besar dana yang ingin kita persiapkan atau berapa besar dana yang akan kita gunakan untuk tujuan keuangan kita, jangan lupa perhitungkan juga inflasi atau tingkat kenaikan harga setiap tahunnya. Next


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!