WIKA Berminat Garap Tol Balikpapan-Samarinda

Jakarta -Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tengah membuka tender pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,2 km. PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) menyatakan minat untuk ikut ambil bagian dalam proyek tersebut.

Direktur Utama Wijaya Karya Bintang Perbowo mengatakan, setidaknya perseroan dapat memenangkan tender untuk 1 dari 5 segmen yang ditawarkan.


"Jalan tol Balikpapan-Samarinda kita ikut. Itu kan dibagi berapa paket. Kita ikut salah satu paket," kata Bintang di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (18/9/2014).


Dalam kesempatan yang sama, Direktur Operasi Wijaya Karya Destiawan Soewardjono menambahkan, untuk mengerjakan pembangunan jalan tol yang total panjangnya mencapai 99,2 km ini pihaknya akan bekerja sendiri.


"Sepanjang 99,2 km dibagi 5 segmen, berarti satu segmen sekitar 20 km. Kita akan kerjakan sendiri, karena Pak Awang Faroek (Gubernur Kaltim) bilang supaya satu segmen dikerjakan satu pengembang biar cepat selesainya," papar Destiawan.


Ia mengatakan, untuk membangun 1 km jalan tol membutuhkan investasi sekitar Rp 100 miliar. Oleh karena itu, Wijaya Karya membutuhkan investasi sekitar Rp 2 triliun untuk menggarap satu ruas.


"Tol itu Rp 100 miliar per km, ini lagi proses tender kemarin. Kira-kira total investasinya sekitar Rp 99 triliun, tinggal dibagi lima," pungkasnya.


(hds/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!