Pria Singapura Ini Kaya dari Jualan Ikan Hias

Jakarta -Orang-orang kaya di Singapura biasanya memiliki bisnis properti atau bermain di pasar keuangan. Namun beda dengan Kenny 'The Fish' Yap. Pria ini adalah bos dari sebuah peternakan ikan raksasa di Negeri Singa.

Di Singapura, bisnis Yap tidak memiliki banyak pesaing. Dia mengembangkan bisnis ikan hias dengan ribuan varietas. Perusahaannya, Qian Hu Corporation, sudah mengekspor ke lebih dari 80 negara seperti Malaysia, Thailand Tiongkok, dan Indonesia.


Singapura memang negara kecil, tetapi merupakan pemain utama di pasar ikan hias dunia. Negara ini memenuhi 20% dari pasokan ikan hias dunia, dan Qian Hu punya porsi 5% dari itu.


"Saya punya target menjadikan pasar kami 10% dalam 5 tahun ke depan," tegas Yap seperti dikutip dari BBC, Minggu (21/9/2014).


Perjalanan bisnis Yap bukan tanpa rintangan. Ayah dan paman Yap merintis bisnis dari sebuah peternakan babi, tetapi harus ditutup pada 1980-an karena dinilai mencemari lingkungan.


Yap pun beralih ke bisnis ikan hias. Awalnya dia membudidayakan ikan guppy, yang sudah dikenal masyarakat karena berguna untuk memakan jentik nyamuk.


"Pada 1989, saat itu curah hujan sedang tinggi. Kami menggunakan teknologi sederhana untuk membudidayakan ikan guppy. Namun karena hujan sangat deras, kolam kami menguap dan ikan-ikan hanyut semua," kenang Yap.Next


(hds/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!