Total Tanggungan Merpati Rp 15 Triliun, Dahlan: Mau Diapakan Ya?

Jakarta -Kementerian BUMN mengaku menemui jalan buntu untuk menyelamatkan PT Merpati Nusantara Airlines. Maskapai BUMN ini memiliki tanggungan Rp 15 triliun.

Tanggungan tersebut merupakan akumulasi dari total kerugian, dan utang yang menumpuk hingga saat ini.


"Total tanggungan Merpati nanti Rp 15 triliun," kata Menteri BUMN Dahlan Iskan, usai rapat pimpinan BUMN di Kantor Pusat Djakarta Lloyd, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (18/9/2014).


Alhasil, Dahlan meminta pandangan masyarakat terkait program penyelamatan Merpati. Karena Kementerian BUMN menemui jalan buntu di dalam penyelamatan Merpati.


"Nah kita minta pandangan masyarakat luas dengan tanggungan Rp 15 triliun mau diapakan?" jelasnya.


Bila diuangkan, akumulasi utang dan rugi tersebut bisa dipakai mendirikan 3 maskapai baru seperti Merpati. "Logikanya kalau punya uang Rp 15 triliun bisa bikin 3 Merpati," sebutnya.


Sebelumnya, Dahlan menyebut Kementerian BUMN dan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) memiliki beberapa solusi menyelamatkan Merpati. Solusi yang ditawarkan adalah kuasi reorganisasi untuk menghapus akumulasi rugi. Namun program ini ternyata bertentangan dengan peraturan Kementerian Keuangan.Next


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!