Canda Jokowi ke Pengusaha: Kalau Bicara Pajak Diam Semua

Jakarta -Selain ingin mengurangi anggaran yang tidak produktif seperti subsidi BBM dan perjalanan dinas, serta rapat, presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) juga akan menggenjot pajak.

Di depan ratusan pengusaha anggota Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Jokowi meminta semua pengusaha untuk menaati kewajiban membayar pajak.


"Kalau pengusaha itu saya tahu, bicara pajak itu diam semua. Jangan begitu, artinya sudah dapat income (pendapatan), mestinya kita semua taat bayar pajak. Entah Pajak badan pribadi, PPN," tutur Jokowi didampingi JK dalam acara Roadmap Perekonomian Apindo di Hotel Four Season, Jakarta, Kamis (19/9/2014).


Jokowi mengatakan, potensi atau ruang penerimaan pajak di Indonesia saat ini masih sangat besar. Pemerintah, ujar Jokowi, tidak pernah berniat untuk memeras pengusaha.


"Bukan mau memeras, karena kita lihat membayar pajak itu ruangnya masih besar sekali. Ada juga yang sudah harus punya NPWP belum punya, itu banyak sekali. Baik yang (pengusaha) menengah atau yang kecil. Kalau saya lihat ini potensinya besar sekali, saya nggak akan ngomong berapa nanti takut semua," ungkap Jokowi.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!