Ada Jet Li Saat Alibaba IPO di Wall Street

New York -Perusahaan e-commerce Tiongkok, Alibaba Group, hari ini melantai di bursa New York. Hajatan ini juga diramaikan oleh kedatangan aktor film Jet Li yang ikut menyaksikan pembukaan perdagangan.

Kok bisa ada Jet Li di acara IPO Alibaba? Ternyata Pendiri sekaligus CEO Alibaba, Jack Ma, merupakan teman dekat Jet Li sejak lama. Keduanya juga aktif melestarikan olahraga tradisional Tiongkok, Tai Chi, ke dunia internasional.


Seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (20/9/2014), si mantan guru miskin, Jack Ma, sudah membuka perdagangan di Bursa New York saat saham Alibaba dicatat dan menanjak ke US$ 92,7 per lembar dari harga penawaran US$ 68 per lembar. Tak lama sahamnya langsung naik ke titik tertinggi di US$ 99,7 per lembar sebelum akhirnya ditutup di US$ 93,89 per lembar.


Sebanyak 100 orang berkumpul di depan New York Stock Exchange atau di sekitar Wall Street dan Broad Streets. Kebanyakan dari mereka adalah turis Tiongkok yang ingin mengabadikan momen bersejarah ini.


Para turis ini langsung heboh begitu Jack Ma dan Jet Li keluar dari gedung Bursa New York dan berfoto bersama mereka. Jet Li sendiri kabarnya akan menjadi salah satu direktur di anak usaha Alibaba di sektor perfilman, ChinaVision, yang dibeli Maret lalu.


Alibaba berencana memproduksi 8-10 film bioskop setiap tahun, 3-5 drama berseri di televisi dan internet. Jet Li akan berperan sebagai direktur di perusahaan ini.


Sementara sutradara yang dipilih Alibaba untuk mengurus film dan drama ini cukup terkenal, seperti Wong Kar-wai, Peter Chan, dan Stephen Chow.


(ang/feb)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!