Di Depan Jokowi-JK dan Ratusan Pengusaha, Sofjan Wanandi Minta Harga BBM Naik

Jakarta -Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), meminta kepada pasangan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) untuk menaikkan harga BBM subsidi.

"Kami ingin mengusulkan kenaikan BBM dalam 100 hari pertama. Kami percaya bahwa kami pengusaha bisa dipakai untuk investasi dan memberikan para pekerja kita. Saya rasa ini yang kami ingin masukan dalam resume sekarang," ujar Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi dalam acara penyusunan Roadmap Perekonomian di Hotel Four Season, Jakarta, Kamis (18/9/2014).


Dalam acara ini, hadir ratusan pengusaha anggota Apindo dan sejumlah Duta Besar negara sahabat.


Sofjan juga ingin bekerjasama dengan pemerintah baru, dalam mengejar target pertumbuhan ekonomi di atas 7%. Sehingga, pemerintah baru bisa menciptakan 3 juta lapangan pekerjaan tiap tahun, agar kemiskinan dan pengangguran menurun.


Untuk mengejar pertumbuhan ekonomi di atas 7%, sektor yang bisa digenjot adalah pertanian, manufaktur, energi, industri jasa, serta keuangan.


Hanya, ujar Sofjan, saat ini ada kendala yang dihadapi, seperti kepastian hukum dan birokrasi yang lamban. Kondisi birokrasi di Indonesia menimbulkan biaya tinggi bagi pengusaha.


"Kita perlu kepastian hukum, yang selalu membuat high cost. Kedua kita ingin mempercepat infrastruktur dan kita bersedia investasi. Lalu otonomi daerahnya yang jelas. Sekarang jalan sendiri-sendiri. Kami ingin ini bisa terjadi dan demokratisasi itu terjadi. Sejak krisis 1997-1998, kami pengusaha terus berusaha untuk tumbuh kembali," papar Sofjan.


(dnl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!