Garap Proyek Tol dan Infrastruktur, Astra Siapkan Rp 21 Triliun

Jakarta -PT Astra International Tbk (ASII) menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) Rp 21 triliun tahun depan, naik 10-20% dari tahun ini yang sebesar Rp 17,5 triliun.

Direktur Utama Astra International Prijono Sugiarto mengungkapkan, tahun depan perseroan fokus menggarap proyek-proyek infrastruktur. Saat ini, proyek infrastruktur yang tengah digarap perseroan salah satunya adalah tol Mojokerto-Kertosono.


"Secara konsolidasi, capex tahun ini Rp 15 triliun-Rp 17,5 triliun. Tahun lalu Rp 12 triliun, dan sebelumnya Rp 13 triliun. Capex tahun depan meningkat 10-20%. Fokus infrastruktur seperti jalan tol Mojokerto-Kertosono, masih jalan," kata Prijono di acara Investor Summit and Capital Market Expo 2014, di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Rabu (17/9/2014).


Dia menyebutkan, selain merampungkan pembangunan tol tersebut, perseroan juga tengah melirik proyek jalan tol Serpong-Kunciran. Astra juga tertarik menggarap proyek-proyek pelabuhan.


"Selain jalan tol, kami tertarik masuk port (pelabuhan) yang sedang hangat dibicarakan," kata dia.


Prijono mengaku tertarik menggarap proyek-proyek infrastruktur sejauh memberikan imbal hasil tinggi.


"Kita tertarik sejauh mana bisa dapatkan imbal hasil baik. Interest (ketertarikan) terlalu banyak, lihat kekuatan dan return, harus bangun Indonesia dengan government itu pasti," pungkasnya.


(drk/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!