Mengatur Gaji Rp 4,5 Juta untuk Biaya Kuliah dan Cicilan Motor

Jakarta -Pertanyaan dari Pembaca: Saya Denny karyawan swasta dengan gaji per bulan Rp 4,5 juta. Umur saya baru menginjak 23 tahun. Pekerjaan saya dalam bidang konstruksi yang tentunya dalam 1 tahun penuh kemungkinan hanya bekerja 8 bulan.

Bagaimana caranya agar bisa mengatur keuangan untuk kebutuhan hidup saya? Pengeluaran setiap bulan untuk biaya hidup di kota Surabaya. Di samping itu saya juga kuliah semester pertama juga beban cicilan motor yang cukup berat ketika di saat saya tidak kerja.


Terima kasih


Jawaban:

Yth. Bapak Denny,


Terimakasih atas pertanyaan Anda. Sayang sekali Anda tidak merinci berapa pengeluaran Anda, berapa biaya kuliah Anda per bulan dan per semester, juga berapa cicilan bulanan motor Anda.


Kami asumsikan Anda belum menikah dan tidak memiliki tanggungan. Aturan untuk cicilan yang tidak memberatkan adalah maksimal 30% dari total penghasilan bulanan. Jadi jika penghasilan Anda Rp 4,5juta per bulan, maka maksimal cicilan bulanan Anda adalah Rp 1,5juta perbulan. Lebih dari itu maka akan membebani arus kas Anda, dan Anda harus ekstra mengencangkan ikat pinggang untuk hidup sehari-hari.


Bagilah pos pengeluaran Anda menjadi pengeluaran wajib & pengeluaran fleksibel. Contohnya, cicilan adalah pengeluaran wajib, demikian juga tabungan untuk membayar uang semesteran nanti. Pos yang fleksibel contohnya biaya belanja bulanan, transportasi, dan hiburan. Next


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!