Akuisisi Perusahaan Vietnam, Semen Indonesia Siapkan Rp 1 Triliun

Jakarta -PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) bakal memperluas pasarnya dengan mengakuisisi perusahaan asal Vietnam. Perseroan telah menyiapkan dana sedikitnya Rp 1 triliun untuk memuluskan niatnya itu.

Direktur Keuangan SMGR Ahyanizzaman mengatakan, selain mengembangkan pasar dalam negeri, perseroan juga bakal menyasar pasar regional. Vietnam dinilai punya pasar yang cukup menarik.


"Nanti mungkin ada akuisisi, kita lihat kondisi. Untuk target company lain akan jajaki di Vietnam, kita masih lihat, Vietnam ini untuk legalnya lebih friendly, lokasinya pantai lebar jadi bisa sinergi. Biaya produksi masih murah, tenaga kerja bagus sehingga barangkali ini bisa jadi peluang," ujar dia di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (23/1/2015).


Rencananya, Yani menyebutkan, pihaknya akan menjadi pemegang saham mayoritas dalam rencana akuisisi ini. Dana yang disiapkan untuk akuisisi diambil dari dana belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun ini yang rencananya dialokasikan sekitar Rp 5-7 triliun. Capex yang dianggarkan berasal dari kas internal dan pinjaman bank.


"Skemanya akan akuisisi penyertaan majority. Ada standing loan Rp 1 triliun dari Mandiri belum kita pakai, ini fasilitas untuk kalau kita melakukan akuisisi," tandasnya.


(drk/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com