Ini Penampakan Jembatan Tayan, Terpanjang di Kalimantan

Jakarta -Proyek jembatan terpanjang di Kalimantan, Jembatan Tayan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar) sepanjang 1,5 km molor dari target tuntas akhir 2014. Jembatan ini merupakan penghubung antara Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah.

Proses pembangunan Jembatan Tayan memang molor dari jadwal yang ditargetkan sebelumnya bisa beroperasi pada akhir tahun 2014. Penyebabnya karena terhambatnya dana yang berasal dari pinjaman Tiongkok, akibat tertunda dan proses perizinan, sehingga proses konstruksi juga ikut tertunda. Target terbaru, konstruksi jembatan ini selesai pertengahan 2015.


Pemerintah mengalokasikan dana Rp 740 miliar untuk pembangunan jembatan yang menjadi penghubung antara Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah. Dana tersebut diperoleh dari 90% pinjaman Tiongkok dan 10% APBN murni.


Saat ini, pemerintah juga tengah melakukan pengerjaan jalan akses Jembatan Tayan sepanjang 3,45 km dengan nilai kontrak Rp 134 miliar. Tujuannya untuk mempermudah masyarakat mengakses jembatan tersebut.


Jembatan ini mulai dibangun 19 September 2012. Jembatan yang memiliki panjang 1,5 km ini sempat ditargetkan beroperasi pada akhir 2014.


Mantan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menargetkan pembangunan selesai akhir 2014. Jembatan tersebut dibangun oleh kontraktor China Road and Bridge Corporation dengan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).


Jembatan ini akan membentang di atas Sungai Kapuas dengan panjang total 1.420 km dan terbagi atas 2 jembatan yakni jembatan pertama sepanjang 280 meter dengan lebar 11,5 meter, dan Jembatan kedua 1.140 meter dengan lebar 11,5 meter.


Total investasi untuk pembangunan jembatan ini mencapai Rp 907,716 miliar. Untuk pembangunan jembatannya sendiri Rp 740,030 miliar, sedangkan sisanya untuk pembebasan lahan dan pembangunan jalan akses menuju jembatan.


Berikut penampakannya:





(hen/hds)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com