Indonesia Cari Peluang Kerjasama Maritim dengan Polandia

Warsawa -Dubes Peter F. Gontha didampingi Fungsi Ekonomi KBRI Warsawa melakukan kunjungan kerja ke kota Gdansk dan Gdynia, Provinsi Pomerania, Polandia tanggal 19-20 Januari 2015.

Tujuan kunjungan adalah melaksanakan diplomasi ekonomi dan kemaritiman serta mencari potensi investasi dan perdagangan di Polandia. Kunjungan tersebut sejalan dengan kebijakan pemerintah di bidang perekonomian, termasuk meningkatkan sektor kemaritiman Indonesia.


KBRI juga menjajaki peluang kerjasama dalam rangka mendukung revitalisasi dan modernisasi pelabuhan dan armada kapal serta memanfaatkan potensi maritim Indonesia.


Bidang kerjasama yang potensial adalah investasi, joint venture pembangunan pelabuhan galangan kapal, transfer teknologi berbagai jenis kapal, baik kapal untuk perdagangan maupun kapal penjaga pantai, kapal perang, terutama untuk menjaga kekayaan laut Indonesia yang sering dijarah pihak ketiga.


Peter menyadari potensi untuk meningkatkan kerjasama ekonomi Indonesia-Polandia cukup besar. Sebagai negara terbesar di Eropa Tengah, Polandia berpotensi untuk menjadi hub barang barang Indonesia di Eropa Tengah, Timur maupun kawasan negara-negara Baltik dan Skandinavia.


Pertimbangan lain yang mendukung Polandia berpotensi sebagai pintu perdagangan adalah keberhasilan Polandia di kancah politik Uni Eropa yaitu terpilihnya mantan PM Polandia Donald Tusk menjadi Presiden Dewan Eropa mulai tanggal 1 Desember 2014 dan mantan Wakil PM Polandia Elżbieta Bieńkowska terpilih menjadi Komisioner Uni Eropa Urusan Usaha Kecil dan Menengah sejak 1 November 2014.


Dari segi pertumbuhan ekonomi, dalam 5 tahun terakhir, Polandia telah menunjukkan pertumbuhan positif. Beberapa indikator tersebut tercermin antara lain dari pertumbuhan GDP Polandia dari 1,6% (2013) menjadi 3,3% (2014), berkurangnya tingkat pengangguran di Polandia dari 13,4% (2013) menjadi 11,5% (2014) dan kemampuan pemerintah Polandia untuk menekan laju inflasi dari 0,9% (2013) menjadi 0,4% (2014).Next


(ang/mkl)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com