Djan Faridz Sebut 4.000 PNS di Sumbar Tak Punya Rumah

Solok - Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz mengungkapkan 4.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Sumatera Barat belum memiliki hunian layak. Ini menurutnya pasar yang bagus untuk para pengembang.

"Kira-kira kebutuhan rumah PNS di kabupaten kota itu rata-rata PNS yang belum punya rumah mencapai 4 ribu unit, itu hasil obrolan saya dengan Wakil Gubernur Sumbar," kata Djan saat Peresmian 100 ribu unit RST, di Perumahan Nuansa Griya Arosuka, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Rabu (13/3/2013).


Ia menjelaskan, 4.000 tersebut terdiri dari 3.000 unit di wilayah kabupaten dan 1.000 di wilayah kota. Djan menilai, jumlah itu merupakan pangsa pasar yang sangat menarik untuk pengembang.


"Kabupaten itu 3 ribu, dan di kota 1.000, jadi dikumpulun 4 ribu unit rumah bagi PNS," ucapnya.


Djan menuturkan, rumah itupun tidak mesti dengan jenis Rumah Sejahtera Tapak (RST) atau untuk penghasilan rendah. Bagi PNS, lanjutnya bisa dibangun rumah dengan jenis menengah ataupun mewah.


"REI jangan hanya bangun untuk rumah murah. Bangun juga berpenghasilan menengah, mewah seperti PNS itu bisa," tutup Djan.


(dru/dru)