Atasi Banjir DKI, Rp 150 M Untuk Sumur Resapan dan Rp 1,5 T Untuk Ruang Hijau

Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan anggaran sedikitnya Rp 150 miliar untuk membangun sumur resapan, guna mengatasi banjir yang terus terjadi di Jakarta.

"Dana ini memang kecil, kami minta warga juga untuk membangun sumur resapan," kata Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta Sarwo Handayani dalam Seminar Implementasi Kebijakan Pemanenan Air (Water Harvesting) Dalam Rangka Manajemen Risiko Sumber Daya Air di DKI Jakarta. Seminar tersebut diadakan di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (30/5/2013).


Sarwo menyebutkan, Pemprov DKI Jakarta bakal terus menggalakkan penanganan banjir melalui pembuatan sumur resapan dan meningkatkan Ruang Terbuka Hijau (RTH).


Sarwo melanjutkan, untuk ruang terbuka hijau, pihaknya menargetkan bisa melakukan penambahan seluas 40 hektar dengan anggaran Rp 1,5 triliun. Namun, target tersebut sepertinya bakal ada sedikit hambatan karena terkait adanya aturan baru dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Karenanya, kemungkinan hanya bisa merealisasikan seluas 30 hektar saja.


"Khawatir aturan BPN yang baru ini jadi ada sedikit hambatan buat kami. Apakah bisa Rp 1,5 triliun ini terealisasi. Paling cuma bisa 30 hektar," kata Sarwo.


(dnl/dnl)