Ini Negara yang Paling Rajin Memberi Utang di Dunia

Tokyo - Dalam 22 tahun berturut-turut, negara ini menjadi yang paling rajin memberi utang di dunia (negara kreditur terbesar). Meskipun jumlah utangnya tinggi, namun negara ini juga memberi utang dalam jumlah besar ke negara lain. Siapa dia?

Negara tersebut adalah Jepang. Data dari pemerintah Jepang menyebutkan, penguatan nilai tukar dolar AS terhadap yen membuat nilai aset piutang Jepang di luar negeri menggelembung. Jika semua pemberian utang negara-negara di dunia dikonversi menjadi yen, maka Jepang menjadi juaranya.


Posisi Jepang sebagai negara pemberi utang terbesar di dunia diikuti oleh China dan Jerman di posisi kedua dan ketiga. Ketiga negara ini rajin memberi utang ke negara lain dengan pinjaman langsung atau pembelian surat utang.


Nilai pemberian utang yang dilakukan Jepang di luar negeri saat ini mencapai 263,3 triliun yen atau US$ 2,9 triliun (sekitar Rp 27.550 triliun) dengan nilai tukar yen kemarin.


Data Kementerian Keuangan Jepang yang dikutip dari AFP, Rabu (29/5/2013) menyebutkan, nilai tukar yen memang tengah turun tehadap dolar AS setelah Perdana Menteri Shinzo Abe memutuskan melakukan berbagai langkah untuk mendorong perekonomian.


Selain Jepang, nilai utangan luar negeri yang diberikan China dikatakan mencapai 150,3 triliun yen, sementara Jerman 121,9 triliun yen, lalu Swiss 84,7 triliun yen, dan Hong Kong 63,4 triliun yen.


Di Indonesia, Jepang juga menjadi pemberi utang terbesar. Hingga akhir April 2013 nilai utang Indonesia ke Jepang mencapai Rp 226,92 triliun. Jumlah ini turun dari akhir 2012 yang nilainya Rp 254,64 triliun.


(dnl/dru)