Dahlan Iskan Ganti Bos Pelni

Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengganti Direktur Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Jussabella Sahea, dan menunjuk Syahril Japarin menjadi Direktur Utama yang baru.

Dari siaran pers Pelni yang dikutip, Selasa (28/5/2013), pergantian Dirut Pelni ini dilakukan melalui keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-259/MBU/2013 tanggal 27 Mei 2013. Dalam surat itu, hanya Dirut saja yang diganti, sedangkan posisi 5 direktur lainnya masih tetap sama.


Jussabella telah menjabat sebagai Dirut Pelni sejak akhir 2006. "Dengan ucapan terima kasih atas segala sumbangan tenaga dan pikirannya selama memangku jabatannya tersebut," tulis SK Menteri BUMN Dahlan Iskan.


Jussabella Sahea lahir pada 16 November 1956 dan menempuh pendidikan terakhirnya di Magister Management Pemasaran Trisakti, Jakarta. Beliau memulai karirnya di Pelni sejak 1981 atau sudah mengabdi 32 tahun di Pelni.


Sebelum dipercaya sebagai Dirut Pelni selama dua periode kepemimpinan, perempuan kelahiran Jakarta ini sempat menduduki jabatan sebagai Kepala Divisi Keagenan, Senior Manager Komersial, dan Direktur Usaha. Beliau juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum INSA Bidang Penumpang Roro dan Pengembangan Industri Pelayaran.


Sementara itu, Syahril Japarin sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Djakarta Lloyd (Persero) selama satu tahun terhitung 11 Januari 2011 (Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: KEP-02/MBU/2011), setelah sempat menempati posisi yang sama di perusahaan air minum Aetra.


Di saat yang bersamaan, Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor: SK-258/MBU/2013 tanggal 27 Mei 2013 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Komisaris Utama Pelni. Surat itu memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Noor Fuad sebagai Komisaris Utama Pelni yang digantikan oleh Panglima Komando Armabar Laksamana Muda TNI (Purn) Muryono.


(dnl/hen)