Peruri Jajakan Uang dan Paspor Hingga ke Argentina

Jakarta - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) sedang menjajaki pangsa pasar internasional. Dengan kapasitas dan kemampuan saat ini, Peruri akan menjual jasa percetakan uang dan paspor ke Bangladesh, Myanmar bahkan Argentina.

Menurut Direktur Utama Peruri Prasetio, khusus untuk Myanmar, BUMN pencetak uang ini berencana memasok kebutuhan uang untuk bank sentral di setempat.


“Ekspansi internasional, kita sedang menjajaki selain Nepal dan Srilangka. Kita menjajaki Bangladesh. Kita diundang di Argentina. Kementerian BUMN mendorong bagaimana untuk melihat pasar Myanmar,” ucap Prasetio di Pabrik Peruri Karawang, Jawa Barat, Rabu (29/5/2013).


Saat ini, Nepal sudah menggunakan jasa Peruri untuk mencetak mata uang Rupee sebanyak 100 juta bilyet (satuan jumlah uang) per tahun. Sedangkan paspor di Srilangka dipasok dari pabrik Peruri di Karawang.


Prasetio mengakui, potensi terbesar dari pasar luar negeri adalah produk uang dan paspor. “Uang, paspor. Potensinya ada,” tambahnya.


Saat ini, Peruri mampu memproduksi produk uang kertas dan logam, tinta security, produk logam non uang. Selain itu, Peruri mampu menghasilkan kertas dan dokumen security seperti paspor, akte kelahiran, ijazah, sertifikat tanah, pita cukai, materai hingga e-money.


(feb/ang)