Peruri Cetak 1 Ton Emas Made in Karawang untuk Pegadaian

Jakarta - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) akan memproduksi emas batangan untuk memenuhi permintaan PT Pegadaian (Persero). Pada tahap awal Peruri akan memasok hingga 1 ton emas batangan kepada Pegadaian di 2013.

Mulai 1 Juni 2013, Peruri akan memproduksi emas batangan berbagai ukuran mulai dari 5 gram, 10 gram, 25 gram hingga 1.000 gram atau 1 kg. Emas ini akan dipasok dan dicetak dari Pabrik Peruri di Karawang, Jawa Barat.


“Produksi mulai 1 Juni besok. Kemarin sudah coba produk 340 keping bullion bar untuk ukuran 5 gr, 10 gr, 25 kg,” ucap Kepala Departemen Cetak Uang Logam dan Logam Non Uang Peruri Purwanto kepada detikFinance di Karawang, Jawa Barat, Rabu (29/5/2013).


Di tempat yang sama, Direktur Utama Pegadaian Prasetio menilai kerjasama antara Peruri dan Pegadaian tersebut merupakan sinergi antar BUMN. Peruri juga bisa memperoleh keuntungan dengan menggenjot produksi logam non uang.


“Kita kita akan mendukung respon Pegadaian. Hasil cetakan dari Peruri sangat baik karena bisa memberikan nilai tambah bagi Pegadaian,” ujar Prasetio.


Sebelum kerjasama dengan Pegadaian, Peruri telah berpengalaman mencetak medali dari berbagai bahan termasuk dari emas. Bahkan telah digunakan untuk acara nasional dan internasional.


“Kita sudah mampu mencetak logam non uang untuk medali dan tanda jasa. Itu konsepnya logam tapi bukan uang,” tambahnya.


(feb/ang)