Jalan Menuju Bandara Kuala Namu Sepanjang 3 Km Belum Ada Lampu

Medan - Operasional Bandara Internasional Kuala Namu, di Sumatera Utara (Sumut) akan segera dilakukan. Sayangnya akses pendukung masih belum mantap, termasuk sarana penerangan akses jalan menuju bandara.

Kepala Otoritas Banda Udara Wilayah II, Abdul Hani menyatakan setidaknya ada 3 Km ruas jalan yang belum ada sarana penerangan. Pemasangan lampu jalan itu merupakan kewenangan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.


"Kita berharap agar jalan itu segera dipasangi lampu jalan, agar akses ke bandara tidak gelap pada malam hari," kata Abdul Hani kepada wartawan di Bandara Kuala Namu, Rabu (29/5/2013).


Kawasan yang belum dipasangi lampu itu merupakan kawasan perkebunan sawit. Kondisi yang gelap saat malam hari, dikhawatirkan akan menjadi masalah. Sarana jalan akses bandara yang dimulai dari daerah Kecamatan Tanjung Morawa itu merupakan akses utama yang dapat dilalui mobil, sebab jalan tol masih belum dibangun. Akses lainnya, hanya melalui kereta api bandara.


Bandara Kuala Namu yang merupakan pengganti Bandara Polonia, Medan, rencananya akan beroperasi pada 25 Juli 2013. Saat ini proses pengerjaan proyek fisik masuk penyelesaian bagian akhir.


(rul/hen)