Temui Presiden SBY, 8 CEO Swedia Siap Investasi di Indonesia

Jakarta - Hasil kunjungan Presiden SBY ke Swedia beberapa waktu lalu menghasilkan beberapa komitmen investasi di dalam negeri. Setidaknya ada 8 CEO perusahaan di Swedia yang telah bertemu Presiden SBY dan menyatakan minatnya berinvestasi di Indonesia.

"Ada 8 CEO yang bertemu bapak (SBY) semuanya akan melakukan investasi di Indonesia. Mereka semuanya sudah mendapatkan approval dari presiden untuk berhubungan dengan kami," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat usai acara kedatangan Presiden SBY di Bandara Halim Perdanakusuma, Minggu (2/6/2013)


Hidayat menuturkan komitmen investasi dari Swedia antaralain untuk sektor alat berat, truk pertambangan, komponen untuk otomotif. Hidayat menyebut produsen pembuat komponen listrik ABB Group, produsen otomotif Volvo dan lain-lain.


Selain itu, peritel furnitur dan perabot rumah tangga ternama seperti IKEA sedang melakukan perundingan dengan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan soal kandungan lokal produk-produk mereka yang akan dijual Indonesia.


"Saya dengan Pak Gita sedang menyelesaikan perundingannya karena masih ada tawar menawar soal local content, saya bertahan local content harus sebesar mungkin," jelas Hidayat.


Hidayat memperkirakan investasi untuk 8 perusahaan asal Swedia tersebut mencapai US$ 500 juta.


(hen/hen)