Perusahaan Migas Malaysia Temukan Gas 2 Triliun Kaki Kubik di Papua

Jakarta - Perusahaan minyak dan gas (migas) asal Malaysia, Gending Oil berhasil menemukan gas bumi dengan cadangan mencapai 2 triliun kaki kubik (TCF) di Papua. Lokasi temuan cadangan gas cukup besar tersebut berdekatan dengan lokasi BP Tangguh, Papua.

"Ada berita cukup baik, Genting Oil ketemu gas 2 TCF di Papua dekat BP Tangguh," ucap Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini, ditemui di Ruang Komisi VII DPR, Selasa (28/5/2013).


Menurut Rudi, Genting Oil adalah perusahaan minyak asal Negeri Jiran Malaysia. "Nantinya alokasi 2 TCF tersebut akan kita manfaatkan untuk industri petrochemical yang dari dulu direncanakan dari gas Tangguh, tapi keburu gas Tangguh jadi LNG dan diekspor," ungkapnya.


Rudi menuturkan temuan cadangan gas cukup besar ini menjadi 'obat' bagi Indonesia, terkait hengkangnya 6 perusahaan miigas yang gagal mendapatkan Migas di Wilayah Indonesia Timur.


"Ini kabar gembira, dari kabar 6 perusahaan migas yang bakal cabut karena gagal dapat minyak, kita patut senang Genting dapat gas lumayan besar, tapi kita juga patut empati karena 6 perusahaan migas gagal dapat migas. Kita perlu cari jalan keluar agar mereka yang kabur dan perusahaan lain agar kembali berminat investasi di Indonesia salah satunya dengan insentif dari pemerintah yang saat ini sedang dikaji," tandasnya.


(rrd/hen)