Bolehkah Investasi Pakai Utang?

Jakarta - Semua orang ingin berinvestasi. Berinvestasi harus ada modalnya. Nah, jika tidak punya modal, apakah boleh berinvestasi menggunakan utang?

"Ini suatu hal yang wajar karena banyak yang ingin berinvestasi tapi nggak punya duit. Kalau sudah bertahun-tahun seperti 4 atau 5 tahun itu boleh berutang (untuk investasi)," kata Ketua Asosiasi Perencana Keuangan International Association of Registered Financial Consultants (IARFC) Indonesia Aidil Akbar pada Financial Clinic “Smart Investment” bersama Aidil Akbar di The Cone, fX Lifestyle X’enter Sudirman Lt. 7, Jakarta pada Rabu (29/5/2013).


"Saya yang mulai dari tahun 1995 dan itu saya bisa menggunakan utang," jelasnya.


Untuk awal, ia menyarankan mulailah dengan uang yang ada. Artinya dimiliki sendiri, tidak menggangu biaya utama dalam hidup, dan tidak berutang. "Saya sudah bilang tadi investasi jangan pakai uang belanja," ujarnya.


"Kalau di awal baru mulai saya sama sekali tidak menyarankan untuk berutang. Nah kalau sudah jalan, kan ada margin dari broker. Itu kan sudah utang. jangan serta merta langsung," sebutnya.


Ia mengatakan, kalau sudah mendapat marjin yang cukup dari hasil investasi sebelumnya, maka tidak menjadi masalah jika ingin berinvestasi berikutnya menggunakan utang.


(hen/hen)